Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Perfilman dan Pertelevisian 

0
71
Kuliah Film
Kuliah Film

Jurusan kuliah Perfilman dan Pertelevisian merupakan salah satu jurusan kuliah yang diminati anak muda kekinian. Anda yang memiliki bakat seni dan kreativitas tinggi, tidak ada salahnya mempertimbangkan kuliah film. Industri kreatif yang semakin berkembang seiring kecanggihan teknologi dan internet membuat peluang Anda mendulang sukses dari bisnis hiburan cukup potensial. Tidak hanya sekadar mendapat penghasilan saja, tetapi Anda bisa menyalurkan bakat dan minat bila mengambil kuliah di IDS Education

Beberapa mata kuliah yang bakal Anda pelajari dan penjelasan singkatnya 

Tidak banyak orang tua yang mendukung anak mengambil jurusan seni, tetapi Anda bisa meyakinkan mereka bila memiliki passion di bidang ini. Anda yang tertarik mengambil kuliah film, wajib tahu beberapa mata kuliah yang dipelajari dengan penjelasan singkat berikut :

  • Design Fundamental 

Merupakan mata kuliah yang diajarkan pada tahun pertama untuk Anda yang ingin belajar membuat sebuah karya. Dasar-dasar desain ini yang akan mengantarkan Anda menjadi pekerja di industri kreatif kelak.

  • Produksi

Mata kuliah yang akan membuat Anda memahami bagaimana persiapan hingga proses produksi sebuah film atau karya lain.

Kuliah Film
Kuliah Film
  • Penulisan Skenario

Bisa saja Anda memiliki minat yang lebih tinggi di bidang screenwriting atau penulisan naskah skenario. Bila Anda punya kemampuan menulis, membuat dialog antar tokoh lebih lentur dan ide yang out of the box, pastikan menguasai penuh mata kuliah Penulisan Skenario ya!

  • Sejarah Film

Sebagai tambahan wawasan untuk Anda yang mengetahui seluk beluk tentang perfilman baik luar negeri hingga sejarah film di Indonesia.

  • Fotografi

Mata kuliah fotografi akan Anda pelajari sejak awal agar memiliki wawasan dan keterampilan teknik membidik kamera yang baik dan benar.

  • Sound Production

Audio dan musik dalam sebuah film, acara televisi atau karya digital lain akan Anda pelajari pada mata kuliah Sound Production. Proses mengedit suara dalam sebuah film menjadi lebih bagus sebelum diluncurkan ke pasaran bisa menjadi keahlian Anda nanti.

  • Sinematografi

Mata kuliah yang biasanya dipelajari pada semester akhir agar Anda bisa membuat hasil karya film pendek sebagai tugas akhir. Dengan kerja sama kelompok, Anda bisa membuat percobaan karya dengan sinematografi terbaik.

  • Post Produksi

Proses produksi sebuah film atau acara televisi merupakan sebuah sistem yang harus dievaluasi atau tahap pasca produksi. Jika menguasai semua mata kuliah dengan baik, potensi Anda bekerja sebagai staf produser yang membuat program, rencana anggaran, mencari investor hingga pasca produksi, kenapa tidak?

  • Komunikasi 

Anda juga akan belajar mata kuliah komunikasi agar bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, termasuk kemampuan presentasi. Siapa tahu Anda bisa bekerja sebagai broadcaster setelah lulus kuliah nanti.

  • Industri Kreatif dan Kewirausahaan

Seorang pekerja seni wajib memiliki kreativitas tinggi di bidang industri kreatif ini. Manfaatkan waktu belajar mata kuliah industri kreatif dan kewirausahaan agar Anda bisa menjadi pebisnis di bidang industri hiburan lebih profesional. 

Yuk, pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di IDS Education dengan mengambil jurusan yang paling relevan dengan passion diri Anda! Kuliah film yang menjanjikan masa depan seiring kecanggihan teknologi dan keberadaan platform digital ini, kenapa tidak? Anda bisa memilih profesi di industri kreatif yang sesuai dengan minat dan kemampuan, misalnya menjadi staf produksi film, kameramen, editor film, sutradara, presenter, dan lain-lain. Gaji besar menunggu Anda per proyek film selesai sesuai dengan kesuksesan hasil karya tersebut, ya!