Tips Mengajari Si Kecil Membaca

0
121
Wyeth
Wyeth

Membaca merupakan salah satu kemampuan penting dalam hidup seseorang. Memang membaca pada umumnya akan diajari oleh guru ketika anak masuk sekolah. Namun Mam juga perlu mempersiapkan anak untuk bisa belajar membaca dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat mengajari Si Kecil membaca. Langsung saja, berikut tips-tipsnya:

Ajak Membaca Bersama

Langkah pertama yang bisa Mam lakukan adalah mengajak Si Kecil untuk membaca bersama. Karena Si Kecil belum bisa membaca, biarkan mereka mendengarkan cerita dengan fokus. Selain itu, kenalkan terhadap buku dan literasi dengan cara mengajak anak ke toko buku atau perpustakaan. Biarkan Si Kecil memilih buku yang mereka sukai sendiri.

Ajari Mengeja dengan Cara Natural

Mengeja merupakan proses belajar membaca yang paling awal. Cobalah untuk mengajari mengeja secara natural. Sebagai contoh ketika sedang berada di rumah dan mendapati bungkusan snack, ajari untuk membaca bungkusan snack tersebut. 

Wyeth
Wyeth

Ajari Bunyi Huruf Beserta Cara Pengucapan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengajari bunyi huruf dan juga cara mengucapkannya. Anak perlu mengetahui bagaimana huruf dibaca atau diucapkan. Kenalkan beberapa pengucapan yang sulit seperti “ng” dan “ny” secara bertahap.

Buat Membaca Menyenangkan

Fokus dan konsentrasi belajar anak memang terbilang singkat. Mam perlu pandai-pandai membuat suasana belajar yang menyenangkan agar fokus Si Kecil bisa kembali. Sebagai contoh Anda bisa mengajari anak membaca dengan memberikan snack yang disukai. Ketika anak sudah berhasil membacanya, snack bisa menjadi hadiah untuk mereka.

Ajari Menulis Sedikit Demi Sedikit

Membaca dan juga menulis merupakan kemampuan yang berkaitan erat. Ketika mengajari anak membaca, Mam bisa sekaligus mengajari mereka menulis sedikit demi sedikit. Siapkan krayon, pensil warna, serta media menulis lain yang menarik.

Buat Membaca Menjadi Aktivitas Rutin

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuat membaca menjadi aktivitas rutin di rumah. Bukan hanya untuk Si Kecil saja, tapi juga untuk orang-orang yang ada di dalam rumah. Mam dan Pap adalah contoh terbaik bagi tumbuh kembang anak, termasuk kemampuan membaca.

Itulah beberapa tips yang bisa Mam lakukan saat mengajari Si Kecil membaca. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.