Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Izin Payment Gateway

0
184
izin payment gateway
izin payment gateway

Izin Payment Gateway  – Pada 10 tahun yang lalu ketika transaksi jual beli masih terjadi di toko tradisional, istilah ‘gerbang pembayaran’ atau payment gateway tentunya masih asing terdengar. Namun belakangan ini, dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce dan toko online, peran penting yang dimainkan payment gateway pun tidak lagi bisa diabaikan.

Payment gateway ini merupakan salah satu layanan yang memproses perizinan kartu kredit dan transaksi online lainnya seperti transfer bank antara pedagang dan pembeli. Adapun layanan ini bisa membantu Anda untuk menerima pembayaran atau melakukan transfer dana. Transaksi ini diproses secara aman dan aktual (real-time).

Dalam artikel ini kami akan mengulas tentang izin payment gateway. Sebagai contoh, pembeli bisa memasukkan detil informasi kartu kredit miliknya ketika melakukan pemesanan. Detil pembayaran kemudian dikirimkan ke payment gateway untuk dikunci sebelum diteruskan ke acquiring bank dan issuing bank.

Acquiring bank menarik biaya yang ditentukan, sementara issuing bank memberikan izin pembayaran. Ketika bank memberikan izin atas pembayaran, transaksi akan diteruskan ke proses selanjutnya, namun jika izin pembayaran ditolak, transaksi akan segera dibatalkan.

Walau terdengar sangat rumit, proses ini hanya memakan waktu beberapa detik saja. Adapun beberapa keuntungan lainnya yang disediakan payment gateway untuk pelanggan dan pemilik usaha: Aman dan Terjamin.

izin payment gateway
Izin Payment Gateway

Payment gateway mempunyai spesialisasi dalam mengurus pembayaran, khususnya dengan menawarkan cara yang lebih aman untuk menyelesaikan transaksi dibandingkan apabila Anda mencoba untuk mengamankan transaksi Anda sendiri.

Setiap ‘gerbang’ memiliki metode uniknya sendiri untuk mendeteksi penipuan. Untuk Xendit misalnya, keamanannya mencakup verifikasi alamat pengiriman, analisis pola kecepatan, deteksi perubahan identitas dan geolokasi.

Payment gateway juga mudah mengkonversi nilai mata uang dari seluruh dunia, sehingga membantu konsumen untuk membeli suatu produk bahkan apabila mereka tidak memiliki rekening bank di negara asal penjual. Fitur ini memungkinkan para pedagang untuk menggunakan hanya satu ‘gerbang’ saja untuk seluruh pembayaran secara global. Itulah artikel tentang Izin Payment Gateway.