Tips Mudah Belajar Adobe Photoshop Untuk Pemula

0
62
belajar adobe
belajar adobe

Belajar Adobe – Adobe Photoshop merupakan salah satu software keluaran Adobe Systems yang secara khusus fungsinya adalah untuk menjalankan pengolahan citra. Banyak sekali ragam fitur-fiturnya, hal ini terbukti sangat mumpuni untuk melakukan editing dan juga pembuatan efeknya.

Meski kini beragam dengan software yang sama bermunculan, Photoshop ini masih menjadi salah satu primadona di kalangan perancang grafis. Adobe Photoshop juga tersedia untuk berbagai komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, dan juga Mac OS X. Untuk Photoshop versi 9 ke atas juga bisa digunakan pula pada platform Linux dengan bantuan software lainnya.

Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips khusus belajar adobe Photoshop dari dasarnya kemudian juga mengenai apa saja yang harus dipahami di dalamnya. Ingat, bahwa Adobe Photoshop terutama seri CS ini telah mempunyai banyak sekali fitur dan juga segudang Toolbox yang mungkin Anda masih dibuat pusing olehnya. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak menjadi mampu mempelajarinya secara otodidak, karena terdapat banyak sekali tutorial atau cara di internet yang bisa membantu Anda dalam hal itu.

Image result for Tips Mudah Belajar Adobe Photoshop Untuk Pemula

Berikut ini tips-tips bagaimana cara mempelajari Photoshop dasar dan beberapa hal apa yang perlu dipahami:

1. Pelajari dari Menu Utama

Untuk pemula, sebaiknya Anda harus mempelajari menu utama yang berada pada bagian atas program Photoshop tersebut. Sebenarnya hampir sama dengan program-program lain, yang mempunyai fitur menu utama, demikian pula dengan Adobe Photoshop.

2. Pelajari Fungsi Layer

Setelah mengetahui beberapa Menu utama Photoshop, selanjutnya Anda juga harus mempelajari Layer. Banyak juga pemula yang masih kebingungan dengan fungsi dan juga cara menggunakan Layer. Pengertian Layer adalah sebuah object terpisah dari gambar utama (background) dan juga Layer-layer tersebut bisa proses tanpa mengganggu object background maupun layer yang lainnya.

3. Pelajari History

Pada saat Anda merubah tingkat kecerahan dengan Brightness, kemudian Anda melakukan kesalahan karena foto menjadi terlalu over exposure. Maka, tidak usah panik atau close dan mulai dari awal, karena sudah Anda kotak Historynya. Segera klik History sebelum Anda melakukan kesalahan lagi.

4. Pelajari Tool

Ada juga banyak sekali tool Photoshop yang tertera pada toolboxnya. Mungkin hal ini merupakan salah satu hal yang paling sulit, menghafal logo kecil dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun jangan panik karena sebenarnya ada beberapa tool yang mempunyai fungsi hampir sama, sebagai contoh untuk fungsi menyeleksi yang bisa dilakukan dengan Quick Selection, Magic Wand Tool, Lasso Tool, maupun Pen Tool.