Sekolah Video Editing di Jakarta yang Handal

0
41

Saat ini banyak generasi muda yang tertarik untuk berprofesi sebagai seorang video editor, karena dianggap mampu menyalurkan idealis mereka. Maka dari itu, untuk mewujudkan impian mereka tersebut, banyak yang memilih untuk mengikuti kursus atau sekolah video editing, khususnya sekolah video editing di Jakarta. Lantas, apakah dengan mengikuti berbagai kursus serta metode sekolah video editing tersebut, maka langsung dianggap menjadi seorang yang handal? 

Untuk diketahui, menjadi seorang video editor bukan hanya mumpuni dalam penggunaan software video saja, melainkan juga harus memiliki beberapa poin penting lainnya agar mampu bersaing secara profesional. Kira-kira apa saja poin tersebut? mari kita simak selengkapnya berikut ini. 

Sekolah video editing di jakarta
Sekolah video editing di jakarta
  1. Mampu membangun sebuah narasi  cerita 

Sebuah cerita merupakan bagian terpenting dalam proses editing. Proses video editing sendiri sering diibaratkan seperti menjahit sebuah potongan-potongan gambar menjadi sebuah cerita yang menarik. Untuk itu, jangan sampai salah menjahit agar cerita yang disampaikan mampu dipahami oleh penonton lewat proses penyusunan gambar yang baik.  Ada banyak pelajaran tentang bagaimana membangun cerita yang baik jika mengikuti sekolah video editing, khususnya sekolah video editing di Jakarta yang bisa diikuti demi mengasah ketrampilan.

  1. Jangan ragu untuk membuang stock gambar 

Saat melakukan proses video editing, biasanya seorang video editor memiliki kendala stock gambar berlebih atau terlalu banyak. Inilah yang kerap membuat seorang video editor menjadi kebingungan dalam memilih mana gambar yang tepat untuk “dijahit”. Lantas, apa yang harus dilakukan?.

Stock gambar yang banyak memang menguntungkan dalam hal tampilan visual, namun belum tentu terhubung dengan narasi cerita yang ingin disampaikan. Jadi, tak ada salahnya untuk merelakan stock gambar yang banyak tersebut untuk dibuang, dan hanya menggunakan yang sesuai dengan narasi cerita yang ingin dibangun saja. 

  1. Memahami pentingnya bahasa visual 

 Dengan melakukan editing, maka sang editor ataupun sutradara ingin menyampaikan sebuah cerita dari perspektif serta pemahaman mereka lewat visualisasi. Dengan demikian, seorang video editor yang handal harus mampu memahami bagaimana seharusnya membaca bahasa visual secara terstruktur. Bahasa visual ini termasuk bagaimana harus menyampaikan emosi yang ingin dituju kepada para penonton. Jadi, bukan hanya sutradara saja yang diharuskan memahami hal tersebut, namun seorang video editor pun harus peka untuk menyampaikan emosi tersebut lewat proses pemotongan gambar. 

  1. Selalu perbanyak referensi 

Menemukan referensi bagi seorang video editor tidaklah mudah, karena bisa dilakukan dari apa saja, dan dari mana saja. Cobalah untuk memperhatikan keadaan sekitar tentang bagaimana manusia berkegiatan dan bersosialisasi. Untuk lebih teknisnya, bisa juga dengan membaca berbagai literatur mengenai film, editing, mengikuti berbagai workshop, menonton film –film terbaik dan lain semacamnya. 

Yang terpenting adalah jangan pernah merasa kalau sudah memiliki banyak ilmu dan pengetahuan. Selalu buka diri untuk menerima berbagai masukan, saran, dan cara untuk mendapatkan pengetahuan baru dari mana saja. 

  1. Cerdas dalam berkomunikasi 

Menjadi seorang  video editor yang bekerja pasca produksi bukan berarti membuat kita tidak memiliki koneksi dengan rekan rekan pekerja lainnya. Fenomena ini sering terjadi bagi beberapa video editor yang kurang bersosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya. Padahal, menjadi seorang video editor juga membutuhkan komunikasi dengan orang lain, khususnya para pekerja film untuk saling bertukar pikiran dalam mengeksekusi proses kreatif. Karena untuk menciptakan sebuah cerita yang menarik, semua bekerja dalam satu tim bukan secara individu. 

Demikianlah informasi singkat tentang bagaimana menjadi seorang video editor yang handal, profesional, dan berkarakter. Agar skill semakin terasah, maka tak ada salahnya untuk mengikuti sekolah video editing, seperti International Design School  (IDS) yang merupakan salah satu sekolah video editing di Jakarta terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website https://idseducation.com/course/short-course/ sekarang juga!