Cara Mengetes Suhu Basal Tubuh

0
12
suhu basal tubuh
suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh merupakan keadaan suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas lain. Suhu Basal tubuh atau sering disebut dengan Basal Body Temperature Method, merupakan suatu cara bagi wanita yang sedang program kehamilan untuk mendapatkan kehamilan yang diinginkan. Mengecek suhu Basal ini terbukti dapat mengetahui kapan seorang wanita mengalami ovulasi dengan membaca grafik suhu Basal selama beberapa bulan secara konsisten dan benar.

Berikut adalah cara untuk mengetes suhu Basal dengan menggunakan femometer Basal:

  • Siapkan femometer

Femometer yang digunakan adalah femometer khusus untuk mengecek suhu Basal tubuh, yang sering disebut dengan femometer Basal.

suhu basal tubuh
                                   suhu basal tubuh

  • Cek Suhu

Cek suhu Anda tepat setelah Anda bangun tidur pada pagi hari, sebelum melakukan aktivitas lain, seperti mobilitas atau bergerak, turun dari tempat tidur, atau aktivitas lainnya yang dapat mempengaruhi suhu basal Anda.

  • Pencatatan

Langkah selanjutnya adalah mencatat hasil suhu basal Anda pada grafik suhu basal tubuh yang Anda punya. Suhu rata-rata normalnya adalah pada angka 35,5°C-36°C, namun ketika Anda berada pada masa subur, suhu Basal Anda akan naik sekitar 0,5°C-1°C.

  • Membaca Hasil Grafik

Amatilah hasil dari grafik suhu basal tubuh Anda, Anda akan menemukan alur grafik yang unik. Tandai 2-3 hari sebelum suhu Anda naik, yang kemungkinan pada hari itulah masa Anda sedang berovulasi. Biasanya suhu ketika sedang berovulasi terjadi selama 3-4 hari. Jika suhu Anda tetap bertahan pada kenaikan dari suhu normal, kemungkinan Anda sedang mengalami kehamilan. Abaikan kenaikan suhu pada saat Anda sedang sakit atau demam.

Metode ini terbilang efektif untuk mengetahui masa subur wanita, namun harus dilakukan dengan baik dan konsisten, serta harus membaca hasil suhu dari grafik dengan tepat, karena kemungkinan jika salah membaca grafik maka akan salah pula pada penempatan masa suburnya.

Untuk memberikan hasil yang akurat, Anda perlu menggunakan femometer basal yang telah terbukti kualitas dan akurasinya, Anda bisa mencoba menggunakan femometer Basal dari Femometer yang sudah menjadi produk terpercaya oleh banyak Ibu di Indonesia.