Atasi Sakit Perut Dengan Tuntas

0
218
mengatasi sakit perut
mengatasi sakit perut

Sakit perut memang cukup menggangu kita untuk menjalankan sejumlah rutinitas. Karena rasa yang bernar-benar tidak nyaman, membuat kita sulit untuk bergerak, berinteraksi, berkonsentrasi dan lain sebagainya. Terlebih apabila sakit perut yang diderita cukup parah, misalnya diakibatkan adanya penyakit lain yang cukup serius.

Untuk mengatasi sakit perut karena adanya penyakit pada system pencernaan, tentu membutuhkan penangan yang tepat bersama dokter professional. Namun, apabila sakit perut yang anda alami tidak diiringi dengan gejala lain, sebenarnya anda bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Dengan melakukan beberapa cara yang kami paparkan berikut di bawah ini:

  • Pertama, pastikan anda segera beristirahat dengan membaringkan tubuh ditempat yang nyaman. Sehingga rasa sakit semakin menurun. Dengan berisitirahat pula, urat dan otot tubuh yang tegang akan lebih relaks.
  • Minumlah air putih hangat, yang akan membantu meringankan rasa sakit maupun kram pada perut. Minum secara perlahan, hingga perut anda terasa lebih baik.
  • Gunakan minyak angin atau minyak urut yang memberikan sensasi hangat. Selain dari itu, anda bisa memanfaatkan air hangat untuk dikompreskan pada bagian perut yang terasa sakit. Hal ini tentunya dapat meringankan hingga menghilangkan sakit perut yang anda alami.
  • Selama kondisi perut anda belum stabil, alangkah baiknya pilih asupan makan yang bergizi dan bernutrisi. Pun hindari terlebih dahulu mengonsumsi makanan tinggi lemak, asam dan pedas yang berlebih. Karena hal ini akan memperparah kondisi perut anda.
  • Ketika perut terasa benar-benar sakit, coba lakukan tarik napas dengan menggunakan hidung secara dalam ke bagian perut. Kemudian tahan sebentar, lalu keluarkan kembali melalui mulut secara perlahan.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit perut yang bisa anda coba lakukan di rumah. Apabila anda merasa lebih baik, untuk jangka beberapa hari ke depan sebaiknya control asupan makanan dan jaga pola makan. Apabila perlu segera lakukan konsultasi pada dokter, untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut. Demikianlah, semoga bermanfaat.