Tips Melatih Konsentrasi dan Fokus Anak

0
21
mainan edukasi
mainan edukasi

Konsentrasi dan fokus pada remaja dan orang dewasa sejatinya dipupuk sejak dia masih anak-anak. Orang tua mesti memahami ini. Latihlah anak anda untuk konsentrasi dan fokus, salah satunya dengan mainan edukasi seperti mencari huruf atau kata dan mencari gambar.

Dalam sebuah studi, perkembangan teknologi seperti halnya gadget setidaknya mampu merubah orang dalam banyak hal, salah satunya ialah fokus. Banyak remaja generasi digital yang kesulitan membangun fokus atau konsentrasi panjang. Misalnya, seperti kesulitan saat membaca dengan minimal halamannya 50 atau bisa juga kesulitan saat dituntut untuk pekerjaan yang membutuhkan berpikir mendalam. Agar menjadi remaja atau bahkan dewasa yang memiliki konsentrasi bagus, setidaknya perlu dipupuk dari usia anak.

Tahukah anda bahwa usia anak merupakan usia emas dalam pertumbuhan? Mengetahui usia anak merupakan fase emas pertumbuhan, maka pergunakanlah usia emas anak anda dengan sebaik-baiknya. Karena karakter atau pertumbuhan sempurna anak anda salah satunya ditentukan pada fase ini. Salah satu cara agar bisa melatih anak pada usia ini dengan cara permainan. Ya, orang banyak mengenalnya dengan nama mainan edukasi. Banyak permainan yang bisa dilakukan anak anda, terutama untuk melatih kemampuan konsentrasi anak.

Salah satu permainan yang bisa anda terapkan untuk melatih fokus anak ialah mencari kata atau huruf dalam bacaan. Apabila anak anda setidaknya sudah bisa mengenal huruf-huruf atau membaca, maka ajaklah anak anda untuk melakukan hal ini. Anda bisa membawa majalah atau buku, lalu si anak bisa anda ajak untuk mencari huruf dan kata. Misalnya, “carilah huruf T’ atau carilah kata “dari” dan masih banyak lagi tergantung huruf atau kata yang ingin anda cari. Apabila masih balita, bisa menggunakan puzzle atau gambar. Misalnya, “carilah gambar sapi” dan lain sebagainya.

Mainan edukasi seperti di atas merupakan cara mudah, efisien dan efektik untuk membantu perkembangan anak anda, termasuk perkembangan konsentrasi. Konsentrasi dan kekuatan otak untuk tetap fokus dan berpikir mendalam tentunya mesti orang tua bangun pada anaknya dari usia balita. Biarpun gadget bisa merusak kemampuan fokus saat anak tumbuh remaja dan dewasa, tetapi apabila anda membekalinya dengan cara yang bagus,kemampuan fokus anak akan terasah. Satu hal yang mesti diingat orang tua, lakukanlah latihan ini sesuai kemampuan dan usia anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here