Ini Dia Tips Sederhana Mengetahui Perhiasan Berlian Asli atau Palsu

0
48
Anting Berlian Asli
Anting Berlian Asli

Tidak sedikit orang sulit membedakan antara berlian yang asli atau tidak. Padahal hal ini perlu diketahui agar tidak dirugikan bagi mereka yang mau berinvestasi berlian. Diluar sana cukup banyak perhiasan palsu yang terkadang modelnya begitu mirip dengan yang aslinya.

Biasanya, mereka yang membeli lewat jalur online harus berhati hati karena gambar masih dijadikan sebagai faktor penentu seseorang untuk membeli. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah perhiasan berlian itu asli atau palsu?

Berikut ini beberapa tips untuk mengidentifikasi perhiasan berlian asli atau tidak

  1. Menggunakan Tester

Sifat dari berlian adalah keras karena berlian adalah batu yang paling keras di bumi. Artinya jika berlian Anda rusak atau terbelah saat terkena benturan ringan maka sudah pasti berlian tersebut adalah palsu. Di pasar sendiri sudah ada alat yang bisa mengetahui asli atau tidaknya yaitu automatic diamond tester. Hanya saja, alat ini juga tidak memberikan hasil yang akurat 100%.

2. Melihat Pantulan Cahaya dari Berlian

Perhiasan berlian asli atau tidak bisa dilihat melalui bayangan yang dihasilkan dengan melihat lurus dari atas berlian. Umumnya bayangan atau cahaya yang terlihat adalah warna abu-abu. Jika anda melihat pantulan warna pelangi berarti kualitas berlian nya rendah

3. Uji Ketahanan Panas

Berlian juga dapat dipastikan asli atau palsu dengan melakukan uji ketahanan panas. Caranya cukup mudah yaitu panaskan batu berlian selama 30 detik dengan menggunakan korek kemudian masukkan ke dalam segelas air dingin. Jika berlian palsu maka terjadi retakan dari dalam.

4. Tidak Mudah Tergores

Berlian asli tidak mudah tergores karena berlian memiliki sifat yang keras. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa tidak mudah tergores bukan berarti berlian tidak akan tergores sehingga Anda harus benar-benar merawat perhiasan dengan teliti dan menyimpannya di tempat tersendiri

5. Berlian Asli Dapat Tenggelam didalam Air

Hal ini disebabkan oleh kerapatannya yang tinggi sehingga jika dicemplungkan ke dalam segelas air putih dan tenggelam maka berlian tersebut adalah asli. Jika ternyata berlian mengambang atau ada di posisi tengah maka berlian tersebut adalah palsu.