Bagaimana Cara Menjadi Produktif Agar Bisa Meraih Sukses?

0
113

Salah satu karakter dari orang-orang sukses adalah produktif. Semakin produktif seseorang biasanya semakin banyak keberhasilan yang dapat ia raih dalam hidup. Banyak yang bertanya, “Bagaimana cara menjadi produktif?” “Bagaimana cara supaya bisa menjadi orang yang produktif?”

Masalah rendahnya produktivitas kerap dijumpai di berbagai tempat, termasuk di Indonesia. Banyak orang yang mengeluhkan mengapa mereka tak kunjung produktif. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, di artikel ini kami akan membahas bagaimana kiat-kiat dan cara-cara ampuh agar kita menjadi pribadi yang semakin produktif dari hari ke hari.

Mau jadi sangat produktif? Praktikkan kiat-kiat yang ada dalam artikel berikut.

Apa Itu Produktif?

Sebelum membahas bagaimana cara menjadi produktif, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu produktif. Produktif dapat diartikan sebagai kondisi di mana seseorang/suatu perusahaan/suatu organisasi mampu menghasilkan banyak karya (produk). Intinya, semakin banyak karya seseorang maka semakin produktif orang tersebut. Jadi, jika kita ditanya, bagaimana cara menjadi orang yang produktif, maka jawabannya adalah kita harus menghasilkan banyak karya (produk).

Nah problemnya adalah kita semua memiliki waktu yang terbatas. Setiap manusia hanya diberi jatah 24 jam dalam sehari.
Banyak yang merasa bahwa 24 jam dalam sehari itu seolah masih kurang. Alhasil masalah keterbatasan waktu ini kerap menjadi “alasan” sebagian orang untuk tidak produkif.

Jika keterbatasan waktu yang menjadi masalah, mengapa ada saja orang yang sebenarnya sangat sibuk tetapi masih bisa berkarya?

SBY sebagai seorang presiden jelas sangat sibuk tetapi beliau masih bisa mengeluarkan beberapa album saat menjabat sebagai presiden. Pak Agung Adi Prasetyo (CEO Kompas Gramedia) juga termasuk orang yang sibuk tetapi masih bisa menulis buku. Salah satu buku beliau adalah Menjaga Api.

Lantas, apa yang menjadi “teknik rahasia” sehingga orang-orang sibuk tetap bisa produktif? Ini dia jawaban selengkapnya.
1. Mampu Menggunakan Waktu dengan Efektifmampu menggunakan waktu dengan efektif

mampu menggunakan waktu dengan efektifOrang yang produktif mampu menggunakan waktunya dengan efektif. Bagi orang yang produktif, waktu adalah aset yang sangat berharga. Alhasil mereka sangat menghargai waktu. Mereka tidak rela jika waktu yang berharga itu berlalu dengan sia-sia tanpa hasil. Inilah rahasia mengapa mereka bisa produktif. Jadi, jika kita ingin menjadi produktif maka kita harus cerdik dalam memanfaatkan waktu. Waktu harus kita gunakan dengan efektif. Bagaimana cara menggunakan waktu dengan efektif?

Caranya adalah dengan memanfaatkan waktu yang tersedia untuk kegiatan yang bermanfaat. Contoh kegiatan yang bermanfaat misalnya : membaca, mempelajari pengetahuan baru, mendengar kisah keberhasilan orang lain,
belajar, tidur (asal jangan berlebihan), olahraga, ibadah, dan lain sebagainya. Ketika kita melakukan kegiatan yang bermanfaat maka kita melakukan kegiatan yang bernilai. Semakin banyak nilai yang kita ciptakan maka semakin produktif pula kita.

Jika mau jadi produktif, hindari pemborosan waktu, hindari kegiatan yang tidak bernilai. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.
2. Menyelesaikan Apa yang Harus Diselesaikan

Salah satu penyebab seseorang menjadi sulit produktif (sulit menghasilkan sesuatu) adalah orang tersebut cenderung tidak konsisten. Ambil contoh ada seseorang bernama Joni. Joni ini punya banyak rencana bisnis. Sedang tren batu akik, ia buka bisnis batu akik. Sedang tren bisnis warnet, ia buka warnet pula.

Namun salah satu kelemahan Joni adalah ia tidak konsisten terhadap rencananya. Ia cenderung setengah-setengah terhadap apa yang ia lakukan. Belum berhasil sebuah pekerjaan, ia sudah buru-buru pindah ke pekerjaan lain. Alhasil Joni tidak menghasilkan apa-apa karena tak ada pekerjaannya yang selesai.

Nah untuk menjadi produktif, Joni harus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Semakin banyak pekerjaan yang ia selesaikan maka semakin banyak pula karya yang dapat Joni hasilkan.

Untuk itu, mulai sekarang, kita perlu membentuk kebiasaan menyelesaikan apa yang sudah kita mulai. Pekerjaan-pekerjaan yang sudah kita mulai jangan kita tinggal begitu saja. Konsisten terhadap apa yang kita rencanakan dan ucapkan. Selesaikan apa yang sudah kita mulai.
3. Memiliki Rencana dan Mampu Mewujudukan Rencana Tersebut

Orang yang produtif juga selalu memiliki tujuan. Ia selalu tahu apa yang benar-benar ia inginkan. Dengan demikian, orang yang produktif sudah punya planning (sudah punya rencana) tentang apa yang akan ia buat, apa yang akan ia bangun, dan apa yang akan ia ciptakan.

Salah satu penyebab orang menjadi tidak produktif adalah orang tersebut tidak tahu apa yang akan ia lakukan.
Ketika kita tidak tahu apa yang akan dilakukan, kita akan kehilangan tujuan/arah. Kehilangan arah akan menyebabkan kita menggunakan waktu secara sembarangan. Alhasil waktu berjalan secara terus menerus tanpa kita mampu menghasilkan sesuatu.

Untuk mencegah terbuangnya waktu maka pastikan Anda betul-betul tahu apa yang akan Anda lakukan. Semakin jelas rencana Anda, maka semakin jelas pula upaya apa yang akan Anda lakukan. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Pemanfaatan waktu yang baik akan menjadikan kita produktif.
4. Membangun Kebiasaan Fokusfokus

fokusOrang yang produktif juga merupakan orang yang fokus. Fokus artinya orang tersebut betul-betul tahu apa yang akan ia lakukan hari ini. Bangunlah kebiasaan fokus. Fokus pada hal penting yang harus Anda lakukan hari ini. Fokuslah pada rencana dan tindakan untuk menghasilkan.

Salah satu cara membangun kebiasaan fokus adalah dengan membuat skala prioritas.

Skala prioritas adalah daftar yang berisi hal-hal penting (prioritas) yang perlu Anda lakukan hari ini juga.
Usahakan Anda memiliki prioritas setiap harinya. Ketika Anda memiliki prioritas, maka Anda akan memiliki rencana untuk hari tersebut.

Setelah Anda memiliki prioritas, Anda akan tahu apa yang harus Anda lakukan. Dengan demikian, Anda tinggal BERFOKUS pada prioritas tadi.

Dengan melatih kebiasaan fokus, Anda akan terbiasa memisahkan mana yang penting dan tidak penting. Selanjutnya, hal-hal penting (prioritas) tadilah yang akan menjadi fokus Anda. Belajarlah fokus agar Anda dapat bekerja dengan efektif.

Ingat, untuk jadi produktif kita juga harus efektif.

Itulah 4 kiat ampuh untuk menjadi orang yang lebih produktif. Untuk menjadi produktif, kita harus efektif dalam menggunakan waktu. Efektivitas dari penggunaan waktu tadilah yang memungkinkan kita menghasilkan banyak produk/karya. Semakin banyak karya yang kita hasilkan maka semakin produktif pula kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here