3 Hal Penting Dalam Memulai Bisnis Hewan Ternak

0
36

Memang benar adanya jika ada kemauan pasti ada jalan. Begitu juga dalam sebuah profesi yang mendasari suksesnya sesuatu berawal dari semangat untuk melakukan terlebih dahulu. Apalagi jika berkecimpung di dalam dunia bisnis yang begitu luas dan banyak hal yang dapat dilakukan.

Negara Indonesia yang mayoritasnya merupakan masyarakat muslim, tentunya menjadi sebuah anugerah jika turut membantu dalam menjalankan ibadah. Seperti berbisnis hewan ternak untuk kurban, baik itu dalam bentuk sapi, kerbau, ataupun kambing. Usaha ini cukup menguntungkan, walaupun hanya setahun sekali adanya.

Dalam satu tahun, kambing bisa berkembang biak 2 sampai 3 kali, dan tentunya ini sangat menguntungkan sekali bagi para peternak dan pengusaha hewan ternak. Nah jika anda berniat untuk mencoba menggeluti bisnis hewan ternak, maka ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan yaitu :

  1. Kualitas

Perhatikan kualitas dari hewan ternak yang akan dibeli. Jika anda tidak memahami betul tentang jenis hewan ternak seperti kambing yang memiliki banyak jenis, maka anda bisa mengajak seseorang yang telah ahli dan hafal betul kriteria kambing ataupun hewan ternak yang berkualitas. hewan ternak berkualitas tentunya harus diperiksa terlebih dahulu kesehatannya oleh dokter hewan, jangan sampai hewan ternak yang nantinya akan dijual terkena gangguan kesehatan yang membahayakan manusia seperti cacing hati.

2. Kebersihan

Ketika anda akan memulai usaha jual beli ternak, maka anda pun harus memiliki tempat penampungan sementara untuk hewan-hewan tersebut. Utamakan selalu kebersihan kandang, makanan dan juga yang lainnya termasuk memberi mereka vaksin agar tidak terserang penyakit berbahaya.

3. Jujur

Kejujuran merupakan modal bagi seorang pebisnis, dimana kejujuran ini menjadi sebuah kepercayaan yang dapat menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar. Jangan sampai mencoba sekali-kali anda berbohong tentang keadaan hewan ternak yang begitu rentan, sehingga konsumen menjadi kapok dan tidak mau membeli hewan ternah ataupun kurban dari anda.

Nah itulah 3 hal yang dapat anda lakukan ketika anda akan mencoba untuk berbisnis hewan ternak. Pastikan anda menjadi pebisnis yang terbaik untuk konsumen dan pelanggan anda. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here